Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 14 Januari 2016


Teknologi yang semakin modern dan kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sehingga terjadinya persaingan antar perusahaan yang dituntut untuk mampu bersaing dalam persaingan global.Persaingan dunia usaha semakin kompetitif yang mengakibatkan perusahaan harus berusaha menjadi yang pemenang dalam memasarkan produknya dan juga semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi kepuasan konsumen. Dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan yaitu dengan tiga point :
1. Loyalitas konsumen semakin menguat
2. Kepercayaan terhadap kualitas produk Anda meningkat
3. Jumlah repeat order terus bertambah

Jika menginginkan ketiga point diatas terjadi pada bisnis Anda, memberlakukan after sales service sepertinya akan menjadi rekomendasi positif yang patut Anda coba.

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah "after sales service" ketika membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh satu perusahaan. Ya! secara sederhana, pengertian after sales service adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan setelah konsumen melakukan pembelian produk.

Contoh after sales service yang pada umumnya sudah dilakukan oleh berbagai produsen/penjual adalah sebagai berikut:

1. Customer service 24 jam
2. Garansi perbaikan dalam kurun waktu tertentu
3. Garansi tukar barang
4. Pelayanan perbaikan oleh tim mekanik yang mendatangi rumah konsumen

After sales service dapat memberikan efek jangka panjang dalam upaya membangun hubungan baik dengan konsumen. Jika sudah begini, untuk mendapatkan konsumen yang loyal yang menjadi sumber promosi untuk mendatangkan konsumen lain bukanlah suatu hal yang sulit bagi perusahaan.

After sales service juga bisa menjadi media antara perusahaan dan konsumenn untuk bertukar informasi tentang barang/jasa dalam upaya meningkatkan nilai tambah bagi konsumen. Selain itu, konsumen juga merasa senang dengan adanya after sales service ini karena adanya garansi kepuasan terhadap manfaat suatu produk yang telah dibeli.

Jika after sales service dilakukan secara tepat dan konsisten, ini akan memberikan tempat tersendiri dihati konsumen. Dalam kondisi tertentu, konsumen bukan lagi merasa hanya sebagai user (pemakai) produk dan jasa satu perusahaan, melainkan konsumen akan berada pada posisi sebagai mitra. Karena konsumen bisa memberikan kritik dan saran seputar peningkatan kualitas produk yang telah dirasakannya. Akibatnya, loyalitas konsumen terhadap perusahaan akan mengalir dengan sendirinya.

Terimakasih :
Sumber : http://www.onino.web.id/2014/08/tingkatkan-loyalitas-konsumen-dengan.html
                http://www.e-jurnal.com/2014/11/kualitas-pelayanan-promosi-dan-after.html


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © istitute boil loob - Time Oprud - Powered by Blogger - Designed by Ngopi Udud -