- Back to Home »
- MENINGKATKAN LOYALITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN AFTER SALES SERVICE
Posted by : Unknown
Kamis, 14 Januari 2016
Teknologi yang semakin modern dan kemajuan ilmu pengetahuan
yang begitu pesat sehingga terjadinya persaingan antar perusahaan yang dituntut
untuk mampu bersaing dalam persaingan global.Persaingan dunia usaha semakin
kompetitif yang mengakibatkan perusahaan harus berusaha menjadi yang pemenang
dalam memasarkan produknya dan juga semakin dituntut untuk mempunyai strategi
yang tepat dalam memenuhi kepuasan konsumen. Dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan yaitu dengan tiga point :
1. Loyalitas konsumen semakin menguat
2. Kepercayaan terhadap kualitas produk Anda
meningkat
3. Jumlah repeat order terus bertambah
Jika menginginkan ketiga point diatas terjadi
pada bisnis Anda, memberlakukan after sales service sepertinya akan menjadi
rekomendasi positif yang patut Anda coba.
Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah
"after sales service" ketika membeli atau menggunakan produk atau
jasa yang ditawarkan oleh satu perusahaan. Ya! secara sederhana, pengertian
after sales service adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan setelah
konsumen melakukan pembelian produk.
Contoh after sales service yang pada umumnya
sudah dilakukan oleh berbagai produsen/penjual adalah sebagai berikut:
1. Customer service 24 jam
2. Garansi perbaikan dalam kurun waktu
tertentu
3. Garansi tukar barang
4. Pelayanan perbaikan oleh tim mekanik yang
mendatangi rumah konsumen
After sales service dapat memberikan efek
jangka panjang dalam upaya membangun hubungan baik dengan konsumen. Jika sudah
begini, untuk mendapatkan konsumen yang loyal yang menjadi sumber promosi untuk
mendatangkan konsumen lain bukanlah suatu hal yang sulit bagi perusahaan.
After sales service juga bisa menjadi media
antara perusahaan dan konsumenn untuk bertukar informasi tentang barang/jasa
dalam upaya meningkatkan nilai tambah bagi konsumen. Selain itu, konsumen juga
merasa senang dengan adanya after sales service ini karena adanya garansi
kepuasan terhadap manfaat suatu produk yang telah dibeli.
Jika after sales service dilakukan secara
tepat dan konsisten, ini akan memberikan tempat tersendiri dihati konsumen.
Dalam kondisi tertentu, konsumen bukan lagi merasa hanya sebagai user (pemakai)
produk dan jasa satu perusahaan, melainkan konsumen akan berada pada posisi
sebagai mitra. Karena konsumen bisa memberikan kritik dan saran seputar
peningkatan kualitas produk yang telah dirasakannya. Akibatnya, loyalitas
konsumen terhadap perusahaan akan mengalir dengan sendirinya.
Terimakasih :
Sumber : http://www.onino.web.id/2014/08/tingkatkan-loyalitas-konsumen-dengan.html
http://www.e-jurnal.com/2014/11/kualitas-pelayanan-promosi-dan-after.html